Cara Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Redmi Note 5A Fix Stuck Recovery

Green Soft - Unlock bootloader (Ubl) merupakan sesuatu yang lazim dilakukan pada device Xiaomi, terutama bagi pengguna yang ingin melakukan perbaikan atau modifikasi software pada android Xiaomi, seperti ketika ingin memasang twrp, root, custum rom dan lain sebagainya. Pada umumnya Ubl secara resmi mengajukan melalui website resmi Xiaomi dan membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan SMS konfirmasi, itupun kalau prosesnya berhasil.

Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan tentang cara Ubl tanpa menunggu SMS konfirmasi dari Xiaomi, atau istilah lainnya Ubl unofficial. Ubl untuk Xiaomi memiliki peranan lain, yaitu untuk mengatasi stuck di menu recovery. Stuck recovery memiliki arti bahwa handphone ketika dinyalakan tidak dapat masuk sampai menu utama, tetapi langsung masuk menu recovery, diam pada menu recovery dan tidak dapat dipakai sama sekali, biasanya ditandai dengan adanya tulisan berwarna merah "This MIUI version can't be installed on this device" pada menu recovery.

Stuck recovery biasanya terjadi pada Xiaomi seri ditributor, ketika melakukan flashing dengan menggunakan firmware rom MIUI global. Hal ini disebabkan karena seri distributor tidak suport rom MIUI global, tetapi hanya suport MIUI China, kecuali sebelumnya telah melakukan unlock bootloader terlebih dahulu.

Seri distributor pada Xiaomi Redmi Note 5A (Ugglite) yaitu seri MDE6 dan MDT6, sedangkan seri TAM yaitu MDG6, bisa anda lihat pada tulisan yang terdapat dikesing belakang dibawah logo MI. Pada kali ini admin akan memberikan solusi untuk seri ditributor stuck recovery, bahan dan cara eksekusinya silakan anda lihat dibawah ini.

Bahan :
File UBL Ugglite
Password: Konfirmasi via WA 083100426211 fast respon

Cara Eksekusi :
- Pertama ekstrak semua file yang telah di download
- Install Mi Flash dan driver di pc/laptop sampai selesai, lalu restart
- Matikan hp nya, lalu masuk mode EDL dengan cara test poin, bongkar kesing belakangnya dan temukan titik test poin nya seperti ini :
Hubungkan kedua titik kuning tersebut menggunakan pinset sambil menghubungkan Hp dengan pc/laptop menggunakan kabel data, tahan beberapa detik lalu lepaskan pincetnya, pada Device Manager terlihat Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 seperti ini : 
remove mi cloud redmi note 5a
- Selanjutnya kita tinggal flash file fix Ubl 
Buka Mi Flash, untuk settingan Mi Flash nya seperti ini :
Klik flash dan tunggu...
Prosesnya hanya beberapa detik saja
- Setelah sukses cabut kabel lalu nyalakan dan lihat hasilnya. Selamat Hp anda telah kembali normal seperti semula.

Sekian yang dapat admin sampaikan mengenai Cara Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Redmi Note 5A Fix Stuck Recovery. Semoga artikel tersebut bermanfaat bagi admin pribadi maupun anda pembaca. Jangan lupa like, comment dan share. Terimaksih...

Note :
- Flash hanya dapat dilakukan dalam mode download  / Edl mode
Do with your own risk

Tag : Unlock Bootloader (UBL), suck recovery, Xiaomi, Redmi Note 5A (Ugglite)

2 Responses to "Cara Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Redmi Note 5A Fix Stuck Recovery"